Kamis, 17 Maret 2022

Ingin Terkenal !, Sebuah Kekeliruan Tujuan Menjadi Penulis

 Ingin Terkenal !, Sebuah Kekeliruan Tujuan Menjadi Penulis

Entah sudah berapa orang mengatakan tetang aku. Baik secara langsung maupun mendengar penuturan teman. Bahwa aku tak begitu dikenal di Indramayu yang justru kota tempat tinggalku. Bahkan oleh komunitas di kalangan penulis. Mendengar hal ini aku menyadari bahwa memang aku belum apa-apa. Dan tentunya aku mawas diri karena memang demikian adanya.

Lalu apakah aku harus berteriak-teriak memamerkan namaku, bahwa aku seorang penyair? Tentu tidak arif melakukan demikian.

Ketika sahabat baruku Mas Slamet Suryadi juga mengatakan demikian maka aku membuka cerita. Adalah Laurens Koster Bohang atau dikenal dengan LK Bohang, teman seangkatan Chairil Anwar. Ia tidak meminta HB Jassin untuk menuliskannya dalam jajaran Angkatan '45, tidak juga merengek-rengek pada teman-temannya untuk dipanggil atau dimasukan dalam kelompok penyair. Baginya menulis terus saja menulis mengalir apa adanya. Kepribadiannya yang baik serta jiwanya yang terbuka dan berusaha untuk memahami gejolak teman-temannya pada saat itu membuatnya menarik minat HB Jassin untuk membedah karya-karyanya dan ternyata karyanya itu membuat HB Jassin terpukau dan menyebutnya sebagai Sastrawan yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah sastra Indonesia yaitu dalam jajaran angkatan '45 bersama Chairil Anwar, Amal Hamzah, Amir Hamjah dll.

Lain cerita LK Bohang, maka aku pun sedikit memberi jelas. Bahwa menulis itu jangan bertujuan untuk cari agar namanya terkenal, tetapi adalah bertujuan untuk memberikan bacaan bermutu bagi masyarakat , berfaedah pada fungsinya sebuah karya tulis. (rg Bagus warsono)

Sekarang orang bisa terkenal di zaman medsos dan dunia internet ini dengan cepat. tetapi akan dengan cepat viral itu ditutup dengan viral yang baru. Karena itu mari kita berlomba untuk membuat bacaan bermutu. Bacaan bermutu akan dibaca bukan hari ini saja tetapi kapan pun. dan namamu akan slalu disebut. (Rg Bagus Warsono, 17-03-22)



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda